Mushofahah Santri Jelang Perpulangan

Tanggal: Minggu / 17 Desember 2017
mushofahah-santri-jelang-perpulangan

Darul Mujahadah – Detik-detik menjelang liburan semester gasal tahun ini menjadi hal yang dinantikan semua santri. Wajah sumringah dan senyuman lebar terlukis di wajah para santri yang sudah tidak tahan lagi menahan rindu untuk bertemu dengan orang tua dan keluarganya di rumah. Usai menempuh Ujian Akhir Semester Gasal Tahun 2017/2018 yang dilaksanakan selama 2 minggu lebih, liburan seakan menjadi obat dan pelipur rasa jenuh selama ujian.

 

Usai melaksanakan shalat Subuh berjamaah para santri terlebih dahulu mendengarkan taushiyah dari ustadz Ismail Marzuki sebagai sambungan dari Etiket yang diadakan malam sebelumnya. Pesan yang disampaikan adalah agar para santri yang sebelumnya telah melaksanakan kedisiplinan dalam beribadah selama di pondok bisa diteruskan juga saat di rumah. “Agar kalian tidak menjadi seperti wanita yang digambarkan Allah dalam Surat An-Nahl ayat 92 yaitu wanita yang mengurai benang yang telah dipintalnya menjadi bercerai-berai” pesannya dalam taushiyah Subuh di hadapan para santri.

 

 

Usai taushiyah Subuh, para santriwan mengadakan mushofahah atau bersalaman dengan asatidz dan santriwati dengan ustadzah. Rasa bahagia terlihat saat mereka saling beralaman meminta maaf dengan ustadznya dan teman-temannya. Tentu banyak khilaf yang terjadi saat bergaul di asrama, di kelas, di masjid selama di pondok baik disengaja maupun tidak disengaja.

 

Para santri saling mengucapkan selamat berlibur dan selamat menikmati liburan seraya mengucapkan permohonan maaf atas kesalahan yang terjadi. Semoga liburan para santri diisi dengan kegiatan yang positif dan menyenangkan sehingga datang kembali ke pesantren dengan hati dan pikiran yang segar untuk menyambut kegiatan menuntut ilmu di semester berikutnya. (NZ)

Komentar