Panggilan yang Sering Diabaikan

Tanggal: Selasa / 02 Mei 2017
panggilan-yang-sering-diabaikan

Tepatnya lima tahun yang lalu Saya merasa ditampar setelah Saya membaca buku Kun Fayakun 2, karangan Ust. Yusuf Mansur. Dalam buku itu dijelaskan bahwa jika keadaan kita saat ini serba kekurangan, banyak masalah, sulit mendapatkan jodoh, merasa tidak bahagia walau bergelimang harta, atau banyak masalah-masalah lain yang tidak kunjung hilang, bisa jadi satu penyebabnya adalah kita sering mengabaikan panggilan Alloh ketika waktu sholat telah tiba. Saya termasuk yang sedang mencari jodoh untuk menikah saat itu karena rencana saya untuk menikah adalah di usia 25 tahun. Namun sampai usia 27 tahun saya tidak kunjung mendapatkan jodoh yang Saya impikan.

 

Setelah saya membaca buku tersebut ternyata ada yang salah dalam diri saya karena saat itu saya memang sering mengabaikan panggilan Alloh. Ketika adzan berkumandang Saya masih santai dan baru melaksanakan sholat satu atau bahkan 2 jam setelah adzan berlalu. Lalu saya coba perbaiki untuk sholat tepat waktu dan berjamaah di Masjid, karena setelah saya tahu bagi pria hukumnya wajib sholat berjamaah di Masjid. Tidak sampai enam bulan kemudian slhamdulillah saya dipertemukan Alloh oleh jodoh saya dan langsung menikah. Senangnya, ternyata benar kalau kita nurut perintah Alloh, Alloh yang akan mengatur segalanya untuk Kita.

 

Sekarang mari kita analisa kenapa Alloh sangat senang kepada hamba-hamba-Nya yang sholat tepat waktu. Dalam suatu hadis shahih Bukhari dan Muslim dikatakan bahwa amalan yang paling dicintai Alloh adalah sholat tepat waktu, berbakti kepada orang tua, dan jihad di jalan-Nya. Dalam hadis tersebut posisi sholat tepat waktu bahkan mengalahkan amalan berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan-Nya.

 

Jadi jangan bangga dulu jika kita sudah berbakti kepada orang tua tapi sholatnya masih pakai nanti masih pakai tapi. Jangan juga bangga jika sudah sholat tepat waktu tapi sama orang tua hatinya kayak batu. Sekarang kita analogikan kehidupan di dunia ini sebagai sebuah perusahaan. Manusia sebagai karyawannya, bumi sebagai perusahaannya, dan Alloh sebagai pemilik perusahaannya.

 

Namanya perusahaan pasti ada jam kerja atau absensinya kan? Nah, sholat lima waktu itulah absensinya. Pertanyaannya adalah jika absensi kita sebagai karyawan sering telat, apakah owner/pemilik perusahaan senang kepada kita walaupun kinerja kita bagus? Jawabannya pasti tidak. Apakah mungkin kita bisa naik pangkat atau jabatan jika kita sering telat datang ke kantor? Jawabannya juga tidak. Apakah owner akan sayang kepada kita? Jawabannya tidak mungkin owner akan sayang kepada karyawan telatan. Owner hanya sayang kepada karyawan teladan bukan karyawan telatan. Right?

 

Dalam suatu ceramah, Aa Gym mengatakan orang yang sering lalai dalam sholatnya atau sering menunda sholatnya berarti orang tersebut menganggap Alloh itu tidak penting. Na’udzubillah. Semoga kita tidak termasuk orang-orang seperti itu. Jika adzan berkumandang kita masih sibuk meeting, berarti meeting lebih penting dari pada Alloh. Jika adzan berkumandang kita masih sibuk menonton TV, berarti menonton TV lebih penting daripada Alloh.

 

Jika adzan berkumandang Kita masih sibuk main HP, berarti HP lebih penting daripada Alloh. Jika adzan berkumandang kita masih sibuk dengan aktivitas kita, berarti aktivitas itu lebih penting daripada Alloh. Lalu bagaimana mungkin Alloh sayang kepada hamba-Nya yang tidak menganggap penting Alloh? Bagaimana mungkin Alloh mau menolong kita jika Alloh saja tidak kita anggap penting? Kalau mau ditolong Alloh, senangi Alloh dulu.

 

Jadilah karyawan Alloh yang baik. Datangi Alloh langsung ketika dipanggil jangan pakai nanti jangan pakai tapi sesibuk apapun diri kita. Kalau Alloh sudah sayang kepada kita, kata ust. Nasrullah owner Perumahan Orchid Residence, kehidupan ini bagaikan di surga. Alloh akan memberikan apapun yang kita minta bahkan sebelum diminta pun Alloh akan kasih. Kata Mas Mono, owner ayam bakar Mas Mono lain lagi, kalau Alloh sudah sayang kepada kita rezeki itu tidak usah dicari tapi akan diantar oleh Alloh langsung kepada kita. Subhanallah...

 

Mari kita biasakan untuk sholat tepat waktu dan khusus pria biasakan sholat berjamaah di masjid agar Kita menjadi hamba yang disayang Alloh SWT. Aamiin. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh Muhammad Husnan

 

*Anda boleh share agar semakin banyak yang terinspirasi untuk melaksanakan sholat tepat waktu, in shaa Alloh akan menjadi ladang amal buat Anda.

Komentar